Cara Mudah Kalibrasi Touchscreen HP Android yang Error

3 Cara Mudah Kalibrasi Touchscreen HP Android yang Error

3 Cara Mudah Kalibrasi Touchscreen HP Android yang Error – Zaman sekarang semua HP sudah menggunakan teknologi layar sentuh. Teknologi ini merupakan temuan dan inovasi terbaru untuk menggantikan posisi keypad atau tombol fisik sebagai tombol interaksi antara pengguna dengan HP. Touchscreen sudah ada dari zaman ketika meluncurnya HP IBM Simon dan seiring berjalannya waktu kini teknologi tersebut sudah merambah hingga ke HP Android. Touchscreen sudah menjadi primadona tersendiri bagi setiap vendor HP Android, bahkan hingga meluncur beberapa teknologi yang makin meningkatkan teknolgi tersebut. Contohnya adalah terdapatnya sidik jari atau kamera yang disematkan didalam area layar.

Tapi touchscreen selain merupakan inovasi terbaru ternyata ia juga memiliki nilai minus yang perlu kita ketahui. Terkadang ada kalanya touchscreen mengalami error seperti yang sering sekali terjadi adalah layar “terpencet” dengan sendirinya. Padahal penggunanya sendiri tidak memberikan interaksi apa-apa pada HP tersebut. Layarnya memang nampak tidak ada masalah dan mulus, namun didalam layar tersebutlah yang ada masalah.

3 Cara Mudah Kalibrasi Touchscreen HP Android yang ErrorCara Mudah Kalibrasi Touchscreen HP Android yang Error

Sebagai pengguna HP, tentu kita mesti mengetahui apa yang harus dilakukan ketika mengalami kejadian touchscreen error yaitu merespon atau terpencet dengan sendirinya. Daripada Anda membawanya ke tempat servis, ada baiknya Anda mesti mencoba melakukan perbaikan mandiri dan siapa tahu jika berhasil maka Anda tidak perlu repot-repot datang ke tempat servis untuk melakukan perbaikan touchscreen. Kesempatan kali ini, MobileMody menyediakan tutorial bagaimana caranya kalibrasi touchscreen HP Android yang error.

1. Menggunakan Aplikasi “Touchscreen Calibration”Touchscreen Calibration

  • Aplikasi ini tersedia di Google Play Store. Silakan Anda temukan, download dan install aplikasi tersebut. Atau Anda juga langsung bisa klik tombol downloadnya dibawah ini.

    Touchscreen Calibration Download
  • Buka aplikasinya dan tampilan utamanya akan seperti berikut ini.silakan klik tombol Calibrate
  • Untuk memulai proses kalibrasi, silakan klik tombol “Calibrate” untuk memulainya. Kemudian, Anda akan dipandu oleh aplikasi untuk bagaimana caranya mengkalibrasi touchscreen HP Android sehingga Anda tidak akan kebingungan untuk melakukan prosesnya.
  • Apabila proses kalibrasi sudah selesai dilakukan sesuai dengan panduan yang diberikan oleh aplikasi, makan akan muncul kotak dialog yang menyatakan bahwa kalibrasi touchscreen Android telah selesai dilakukan dan jangan lupa untuk lakukan restart HP untuk memaksimalkan hasilnya.jangan lupa untuk lakukan restart HP untuk memaksimalkan hasilnya.

2. Menggunakan Aplikasi Alternatif “Touchscreen Repair”Touchscreen Repair

Ini merupakan aplikasi alternatif yang bisa Anda gunakan untuk melakukan kalibrasi toucshcreen HP Android. Lalu apa bedanya dengan yang sebelumnya? Bedanya adalah pada aplikasi yang ini terdapat tiga kali pengkalibrasian layar dan setiap kalibrasinya akan menampilkan detail informasi mengenai waktu respon sentuhan ketika layar disentuh. Silakan simak tutorial berikut ini.

  • Download dan install aplikasinya melalui Google Play Store. Atau kamu juga bisa klik tombol download dibawah ini.

    Touchscreen Repair Download
  • Buka aplikasinya dan tampilannya akan muncul seperti demikian. Silakan Anda mulai proses kalibrasinya dengan mengetuk tombol “Start”.Langkah Touchscreen Repair
  • Silakan ikuti prosesnya dengan mengketuk-ketuk setiap kotak yang ada dan biarkan aplikasi yang mengerjakan kalibrasi berikutnya. Setiap kotak yang Anda ketuk, maka akan terlihat detail waktu responnya.
  • Jika sudah selesai, akan muncul kotak dialog yang menyatakan proses kalibrasi telah berhasil beserta dengan informasi singkat mengenai HP Android Anda. Jangan lupa lakukan restart untuk memaksimalkan hasilnya.

Lakukan Tes Responsif dan Keakuratan Touchscreen HP Android

Aplikasi memang sudah memberikan hasil kalibrasinya ditambah lagi dengan Anda merestart HP Android untuk lebih memaksimalkan hasilnya. Sekarang, untuk tes mengenai tingkat responsif dan keakuratan touchscreen HP Android, silakan ikuti tutorial lengkapnya berikut ini.

Disini terdapat tiga kode namun kode tersebut hanya bisa digunakan pada HP Samsung dan Xiaomi saja. Kodenya yakni

  • Untuk Samsung: *#0*#
  • Untuk Samsung: *#*2664#*#*
  • Untuk Xiaomi: #*#64663#*#

Masukan kode tersebut ke papan telepon atau dialpad HP Android. Kemudian apabila kodenya sudah lengkap Anda masukan, maka secara otomatis Anda akan dibawa ke mode “HwModuleTest”. Ini adalah mode dimana dapat menguji perangkat keras yang tertanam pada Android termasuk salah satunya layar HP Android.

Demikian informasi yang bisa disampaikan pada kesempatan kali ini. Ada kalanya kita sebagai pengguna harus mengetahui hal demikian. Walaupun terlihat sepele setidaknya bisa dimanfaatkan untuk melakukan perbaikan mandiri sebelum dibawa ke tempat servis. Dan apabila touchscreen Android sudah tidak memungkinkan untuk dapat diperbaiki sendiri, maka langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan membawanya ke tempat servis HP.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *